Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Bengkulu Kelas IA

Jl. S.Parman No.5 Kel. Padang Jati Kec. Ratu Samban Kota Bengkulu

e-Court

E-Skum

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Evaluasi SIPP

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Bengkulu

website sistem informasi pengawasan



1

Berita Badan Peradilan Umum

Berita Badan Peradilan Umum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti (niaga) Secara Online ( Daring ) Tanggal 05 Agustus S.d 07 Agustus 2020

      kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti (niaga) Secara Online ( Daring ) Tanggal 05 Agustus S.d 07 Agustus 2020. 

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      kegiatan Pp Niaga Online.pdf 420 Kb617
    • Launching Virtual Direktori Putusan Versi 3 Dan Penyerahan Anugerah Mahkamah Agung Tahun 2020

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi, Sh, Mh, Beserta Para Pejabat Eselon Ii Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengikuti Launching Virtual Direktori Putusan Versi 3 Dan Penyerahan Anugerah Mahkamah Agung Tahun 2020 Yang Diselenggarakan Pada Hari Rabu, 19 Agustus 2020.

      kegiatan  Ini Dipimpin Langsung Oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri, Dr H M Syarifuddin Sh Mh . Kegiatan Ini Meluncurkan Versi Terbaru Direktori Putusan Dan Aplikasi E-court Mahkamah Agung Ri, Dan Diikuti Secara Virtual Oleh Seluruh Satuan Kerja Dari Empat Lingkungan Pengadilan Di Seluruh Indonesia.

    • Upacara Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Ri Ke-75 Secara Virtual

      berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung Ri, Nomor: 1438/sek/hm.01.2/8/2020, Maka Peringatan Hut Ke " 75 Mahkamah Agung Dilaksanakan Pada Hari Rabu, 19 Agustus 2020, Secara Virtual Di Satuan Kerja Masing-masing.

      pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Upacara Dihadiri Oleh Para Pejabat Eselon Ii Dan Iii, Yang Dipimpin Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi, Sh, Mh, Dengan Mengikuti Kegiatanupacara Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung, Yang Dilaksanakan  Langsung Secara Virtual Oleh Ketua Mahkamah Agung Dari Halaman Gedung Mahkamah Agung

    • Agen Perubahan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

    • Role Model Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

    • Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Eselon Iv Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      pada Kamis, 2 Juli 2020, Telah Dilakukan Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Eselon Iv Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Oleh Dirjen Badilum, Dr. Prim Haryadi, Sh, Mh.

      pejabat Yang Dilantik Dan Diambil Sumpahnya Adalah:

      Sutiama, Sh (kepala Sub Bagian Tata Usaha Dit Pranata Dan Tata Laksana Pindana) Bambang Sapto Utomo, Sh (kepala Sub Bagian Tata Usaha Dit Pembinaan Administrasi Peradilan Umum) Revina Yulianti, S.psi, Mh (kepala Sub Bagian Tata Usaha Dit Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum) Harlinna Surbakti, Sip., Mm. ( Kepala Seksi Bimbingan I Pada Sub Dit Pembinaan Administrasi Peradilan Umum) Lukman Hakim, Se (kepala Sub Bagian Anggaran Dan Perbendaharaan Pada Bagian Perencanaan Dan Keuangan) Ade Soniawati, Sh.,m.h (kepala Seksi  Tata Naskah Pada Subdit Mutasi Panitera Dan Jurusita Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum) Reni Kartini, Sh (kepala Seksi Dokumentasi Wilayah Hukum Pada Subdit Statistik Dan Dokumentasi Pada Dit Pembinaan Administrasi Peradilan Umum) Heri Subagiyo, Se., Mh. (kepala Seksi Penelaahan Berkas Perkara Tahanan Dit Kasasi Pidana Khusus Pada Dit Pranata Dan Tata Laksana Perkara Pidana) Anna Rosminandari, Sh, Mh (kepala Seksi Penelaahan Peninjauan Kembali Pada Sub Dit. Peninjauan Kembali Perdata Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Perdata) Polma Nickson Juliater Fransisco Sh.,mh (kepala Seksi Penelaahan Berkas Perkara Kasasi Perdata Umum Pada Sub Dit. Kasasi Perdata Direktorat Pranata Dan Tata Laksana Perkara Perdata) Wahyu Hidayanti, Sh.,mh (kepala Seksi Administrasi Berkas Perkara Kasasi Dan Peninjauan Kembali Perdata Khusus Pada Dit Pranata Dan Tata Laksana Perkara Perdata) Hery Suganda Silalahi, S.kom. (kepala Seksi Peninjauan Kembali Dit Peninjauan Kembali Dan Grasi Pada Sub Dit Pranata Dan Tata Laksana Perkara Pidana) Ade Supriatna, Sh.,mh (kepala Seksi Evaluasi Dan Pelaporan Pada Sub Dit. Data Dan Evaluasi Tenaga Teknis Peradilan Umum)
    • Pembinaan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Di Pt Jakarta, Pn Jakarta Pusat Dan Pn Jakarta Selatan

      pada Hari Selasa Tanggal 26 Mei 2020, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Melakukan Pembinaan Di Pt Jakarta, Pn Jakarta Pusat Dan Pn Jakarta Selatan. Dalam Kegiatan Ini Pejabat Eselon Ii Dilingkungan Ditjen Badilum Ikut Serta Mendampingi. Pembinaan Di Pt Jakarta Dihadiri Oleh Kpt Jakarta Dan Jajarannya.

      selanjutnya Pembinaan Di Pn Jakarta Pusat.

       setelah Pn Jakarta Pusat, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Meneruskan Pembinaan Di Pn Jakarta Selatan

       

       

    • Keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 H

      keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      mengucapkan Selamat Selamat Idul Fitri 1441 H

      minal Aidin Wal Faizin

      mohon Maaf Lahir Dan Batin

    • Selamat Atas Dilantiknya Dr. H. Haswandi ,sh.,se.,m.hum Sebagai Panitera Muda Perdata Khusus Mahkamah Agung Ri

      seluruh Pejabat Dan Staf Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya Dr. H. Haswandi ,sh.,se.,m.hum Sebagai Panitera Muda Perdata Khusus Mahkamah Agung Ri. Beliau Sebelumnya Menjabat Sebagai Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

      acara Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan 20 Ketua Pengadilan Tingkat Banding Dan 2 Panitera Muda Pada Mahkamah Agung Ri Ini Dilakukan Oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali., Sh., Mh., Pada Rabu, 22 April 2020

    • Perjanjian Kerja Sama (pks) Pelaksanaan Persidangan Melalui Teleconference Antara Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung Dan Kemenkumham Republik Indonesia

      pada Hari Senin Tanggal  13 April 2020, Pukul 10.00 Wib S.d. Selesai, Telah Diadakan Penandatangan Melalui Telekonferensi Perjanjian Kerja Sama (pks) Pelaksanaan Persidangan Melalui Teleconference Antara Mahkamah Agung Republik Indonesia Kejaksaan Republik Indonesia Kemenkumham Republik Indonesia. Perjanjian Ini Ditandatangani Oleh:

      i. Dr. Prim Haryadi, Sh. Mh, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Bertindak Untuk Dan Atas Nama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Ii. Sunarta, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Bertindak Untuk Dan Atas Nama Kejaksaan Republik Indonesia,

      iii. Nugroho, Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum Dan Ham, Bertindak Untuk Dan Atas Nama Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,

      para Pihak Bersepakat Membuat Perjanjian Kerja Sama Tentang Pelaksanaan Persidangan Melalui Teleconference, Menyikapi Penyebaran Virus Corona Atau Corona Virus Disease 2019 (covid-19) Semakin Meluas Dan Mengkhawatirkan Dan Bahwa Proses Penegakan Hukum Tetap Harus Berjalan Dengan Memperhatikan Hak-hak Para Tersangka, Terdakwa, Korban, Saksi Maupun Masyarakat Luas.

    • Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti Di Lingkungan Peradilan Umum, Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Kupang

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti Pada Tanggal 1 S.d. 3 Maret 2020. Kegiatan Ini Melibatkan Panitera Pengganti Di Lingkungan Peradilan Umum, Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Kupang.

      acara Dilaksanakan Di Aston Hotel And Convention Center " Kupang, Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum. Mm. Dan Diikuti Oleh 40 Panitera Pengganti Dari Pengadilan Negeri Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Kupang Dengan Narasumber  Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. (direktur Binganis), Yan Witra, S.h., M.h. (panitera Pn Tanggerang), Dan Hamin Achmadi, S.h., M.h. (panitera Pn Jakbar).

      kegiatan Bertujuan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Dalam Rangka Pemantapan Pelaksanaan Tugas Di Pengadilan, Pada Kegiatan Ini Peserta Diberikan Sertifikat Sebagai Tanda Telah Mengikuti Kegiatan Selama 20 (dua Puluh) Jam Pelajaran. (tpu)

    • Booth Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Pada Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung 2020

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Telah Ikut Berpartisipasi Dalam Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung 2020 Yang Digelar Pada 25-26 Februari 2020 Di Jakarta Convention Centre (jcc) Senayan. Pada Booth Badilum Ini Ditampilkan Berbagai Kinerja Badilum, Serta Juga Menampilkan Pencapaian Dan Invovasi Dari Satuan Kerja Yaitu Pn Surabaya, Pn Jakarta Pusat Dan Pn Jakarta Selatan.

      pada Booth Ini Pengunjung Mendapat Informasi Mengenai E-court, Penanganan Perkara Serta Informasi Lain Pada Peradilan Umum.

    • Peluncuran (launching) Ruang Persidangan Modern Berbasis Teknologi Informasi Pengadilan Negeri Bogor

      dalam Rangka Mendukung Pencapaian Visi Mahkamah Agung Republik Indonesia Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung Maka Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Terus Melakukan Berbagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Masyarakat Pencari Keadilan;

      peluncuran Ruang Persidangan Modern Berbasis Teknologi Informasi Di Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Merupakan Langkah Nyata Pengadilan Sebagai Unit Kerja Di Bawah Mahkamah Agung Dalam Mendukung Dan Melaksanakan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (perma) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik, Yang Menjamin Akuntabilitas, Kredibilitas Dan Transparansi, Melalui Optimalisasi Penggunaan Perangkat Elektronik Yang Modern Dengan Berbasis Teknologi Informasi Terpadu;

      ruang Persidangan Tersebut Selanjutnya Akan Digunakan Dalam Proses Pemeriksaan Perkara Baik Pidana Maupun Perdata, Dengan Kelengkapan Alat Yang Tersedia Tersebut Misalnya Dalam Hal Pemeriksaan Saksi Atau Ahli Di Pengadilan Dapat Dilakukan Secara Jarak Jauh Dengan Menggunakan Video Conference. Dalam Sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Bapak H. Ridwan, S.h., M.h. Menyampaikan Bahwa Peralatan Berbasis Teknologi Informasi Yang Tersedia Pada Ruang Persidangan Modern Ini Diperoleh Atas Bantuan Atau Hibah Dari Pemerintah Kota Bogor Dalam Rangka Mendukung Dan Merealisasikan Program Walikota Bogor Untuk Menjadikan Kota Bogor Sebagai Smart City/cyber City;

    • Pembinaan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Di Wilayah Pengadilan Tinggi Denpasar

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. Prim Haryadi Sh, Mh, Mengadakan Pembinaan Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Denpasar, Pada 11-12 Februari 2020.

      pembinaan Ini Didahului Dengan Peninjauan Pembangunan Gedung Baru Pengadilan Negeri Badung, Pada Hari Selasa, 11 Februari 2020. Kegiatan Kemudian Dilanjutkan Dengan Pembinan Dan Peresmian Mushala Baitul Hikmah Di Pengadilan Negeri Denpasar. Kegiatan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Diakhiri Dengan Pembinaan Di Pengadilan Tinggi Denpasar, Pada Rabu, 12 Februari 2020

    • Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pengadilan Ramah Anak Di Pn Rengat

      direktur Jendral Badan Pengadilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr. H. Prim Haryadi. S.h M.h Melakukan Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Gedung Pengadilan Ramah Anak Pengadilan Negeri Rengat Kelas Ii, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Senin (03/02/2020).

      turut Hadir Dalam Acara Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Cicut Sutiatso. Sh M.hum, Wakil Bupati Indragiri Hulu, H. Khairizal, Se. M.si, Ketua Pengadilan Negeri Rengat, Darma Indo Damanik, S.h. M.kn, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Pengadilan Umum Ma Ri, Sekretaris Direktoral Jendral Badan Pengadilan Umum Ma Ri, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Forkopimda Kabupaten Indragiri Hulu, Dan Kepala Opd Indragiri Hulu.