Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri / PHI / TIPIKOR Bengkulu Kelas IA

Jl. Sungai Rupat - Pagar Dewa, Kota Bengkulu

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Bengkulu

website sistem informasi pengawasan

Berita Mahkamah Agung Republik Indonesia

Berita Mahkamah Agung Republik Indonesia

Berikut ini adalah berita terbaru Mahkamah Agung Republik Indonesia

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital

      jakarta " Humas : Senin, 21/5/2018, Sekretaris Mahkamah Agung Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Menjadi Pembina Upacara Dalam Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 Tahun 2018, Mengambil Tema Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital, Bertempat Dihalaman Depan Gedung Mahkamah Agung. (humas)

    • Sekretaris Mahkamah Agung : Reformasi Birokrasi Bukan Sekedar Formalitas, Tetapi Peningkatan Layanan Kepada Masyarakat

      mega Mendung " Humas : Pemerintah Telah Menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Yang Mengatur Tentang Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi, Peraturan Tersebut Menargetkan Tercapainya Tiga Sasaran Utama Yaitu Peningkatkan Kapasitas Dan Akuntabilitas Organisasi, Pemerintah Yang Bersih Dan Bebas Kkn, Serta Peningkatan Pelayanan Publik.

      dalam Pembukaan Acara Pendalaman Zona Integritas Mahkamah Agung Ri Dan Badan Peradilan Di Bawahnya Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (wbk) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (wbbm), Sekretaris Mahkamah Agung, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Menyampaikan Bahwa Reformasi Birokrasi Di Mahkamah Agung Jangan Sekedar Formalitas Dalam Mengumpulkan Evidence (bukti Dukung), Akan Tetapi Harus Meningkatkan Kualitas Layanan Kepada Masyarakat.

      Kegiatan Pendalaman Zona Integritas Ini Diadakan Di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung, Selasa, 15/5/2018 , Yang Diikuti Oleh Ketua/kepala Dan Mantan Ketua (yang Telah Mendapat Promosi) Dari 11 Pengadilan Yang Telah Ditetapkan Menjadi Duta Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya, Yaitu Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Pengadilan Negeri Yogyakarta, Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Pengadilan Agama Stabat, Pengadilan Agama Surabaya, Pengadilan Militer Ii - 08 Jakarta, Pengadilan Militer Iii - 13 Madiun, Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Pinang, Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, Dan Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar.

      dalam Kesempatan Tersebut, Sekretaris Mahkamah Agung Juga Mengingatkan, Bahwa Berrb Bukan Berarti Semata-mata Berbangga Dengan Menjadi Pengadilan Yang Modern, Tetapi Yang Paling Penting Adalah Komitmen Kuat Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat. Kita Harus Menuju Zona Integritas, Wilayah Bebas Dari Korupsi (wbk) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (wbbm) Sebagai Bentuk Perwujudan Tanggung Jawab Kepada Masyarakat. Dengan Kegiatan Ini, Duta Rb Diharapkan Dapat Memenuhi Harapan Pemerintah Dan Rakyat Indonesia, Sebagai Bentuk Implementasi Peraturan Menteri Pan Dan Rb No. 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani. Zona Integritas Bukanlah Slogan Semata-mata Tetapi Merupakan Cita-cita.

      kementerian Pan Rb Nantinya Akan Mengirimkan Evaluatornya Baik Secara Formal Maupun Sebagai Mystery Shopper Untuk Memeriksa Apakah Pengadilan-pengadilan Yang Menjadi Duta Rb Sudah Benar-benar Menerapkan Reformasi Birokrasi Sehingga Dapat Mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi.

      dalam Sambutan Akhirnya Sekretaris Mahkamah Agung Juga Menyampaikan Bahwa Hasil Penilaian Terhadap Duta Rb Dalam Mewujudkan Zona Integritas, Akan Turut Berkonstribusi Bagi Peningkatkan Kesejahteraan Pegawai Mahkamah Agung Khususnya Dalam Kenaikan Tunjangan Kinerja, Walaupun Kenaikan Tersebut Bukanlah Tujuan Akhir. Karena Tujuan Utama Kita Untuk Memberikan Pelayan Berkualitas, Memberikan Kedamaian Dan Kepuasan Bagi Masyarakat Sehingga Terwujudnya Badan Peradilan Yang Agung. (humas)

    • Kma Menerima Kunjungan Duta Besar Federasi Rusia

      jakarta - Humas : Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.h., M.h., Menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar (perwakilan Tetap) Federasi Rusia Untuk Association Of Southeast Asian Nations (asean) Berkedudukan Di Jakarta, H.e. Alexander Anatolyevich Ivanov, Pada Hari Selasa 15 Mei 2018. Dalam Kesempatan Tersebut, Didampingi Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung R.i. Bidang Yudisial, Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h., Dan Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung R.i., Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.h., Ll.m. Kunjungan Ini Dimaksudkan Untuk Menjajaki Peluang Kerjasama Antara Mahkamah Agung Negara-negara Di Kawasan Asia Tenggara Dengan Mahkamah Agung Rusia Serta Kerjasama Antara Ketua-ketua Mahkamah Agung Di Asean Yang Tergabung Dalam Council Of Asean Chief Justices (cacj) Dengan Ketua Mahkamah Agung Federasi Rusia. (rs/fs/foto : Lisa)

    • Sekretaris Mahkamah Agung : Pejabat Yang Terpilih Diharapkan Dapat Membawa Perubahan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

      mega Mendung " Humas : Seleksi Terbuka Dalam Pengisian Jabatan Piminan Tinggi Merupakan Salah Satu Cara Untuk Mendapatkan Orang-orang Yang Terbaik, Berkompeten Sehingga Organisasi Akan Mendapatkan Sumber Daya Manusia Yang Terbaik Dari Beberapa Pilihan Orang Yang Ada.

      hal Ini Sangat Sejalan Dengan Semangat Undang - Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara ( Asn ) Dan Peraturan Pemerintah (pp) 11 Tahun 2017 Yaitu Menuju Aparatur Yang Semakin Sejahtera, Mandiri, Unggul, Dan Profesional.

      salah Satu Upaya Yang Dilakukan Dalam Rangka Untuk Mendapatkan Orang-orang Yang Terbaik Adalah Melalui Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (japati), Sehingga Pejabat Yang Terpilih Diharapkan Dapat Membawa Perubahan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat, Ujar Sekretaris Mahkamah Agung Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Sh., M.hum Dalam Sambutan Pembukaan Penulisan Makalah Dan Wawancara Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Mahkamah Agung Ri, Bertempat Di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung, Minggu, 13/5/2018.

      acara Pembukaan Penulisan Makalah Dan Wawancara Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Mahkamah Agung Ri Berlangsung Dari Tanggal 12 " 15 Mei 2018 Yang Diikuti Oleh 32 Peserta Dengan Lima (5) Formasi Jabatan Yang Terdiri Dari :

      Kepala Pusat Pendidikan Manajemen Dan Kepemimpinan Balitbang Diklat; Inspektur Wilayah Badan Pengawasan; Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama; Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dan Administrasi Tun; Kepala Biro Perlengkapan Bua.

      pada Sambutan Akhirnya, Sekretaris Mahkamah Agung Ri Menghimbau Agar Bersama-sama Kita Bahu Membahu, Membulatkan Tekad Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan, Dan Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Di Mahkamah Agung Menuju Peradilan Yang Agung . (rs/foto Pepy)

    • Ketua Kamar Pengawasan : Jangan Minta Dilayani Bila Ke Daerah

      jakarta " Humas : Dalam Kesempatan Yang Sama, Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung Ri, Sunarto Memberikan Pembinaan Dan Arahan Tentang Pentingnya Sinergitas Antar Eselon Di Mahkamah Agung. Lebih Lanjut Ketua Kamar Pengawan Meminta Semua Pejabat Eselon I Agar Tidak Saling Merasa Superior Dibandingkan Eselon I Lainnya, Karena Hal Tersebut Dapat Merugikan Organisasi Mahkamah Agung Sendiri. Hilangkan Jauh-jauh Ego Sektoral , Organisasi Kita Dibentuk Sejak Awal Untuk Saling Menopang Dan Bersinergi Dan Bukan Untuk Saling Bersaing, Serta Merasa Lebih Dibanding Yang Lain Jelas Sunarto.

      wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Non Yudisial Terpilih Ini, Menekankan Kepada Seluruh Peserta Yang Hadir Agar Mengembangkan Sikap Melayani Dan Menghilangkan Mindset Untuk Dilayani. Kita Harus Bermental Pelayan Kepada Masyarakat, Bukan Bermental Dilayani Terus, Bekerjalah Dengan Sungguh-sunguh Sesuai Tusi Kita, Ujarnya

      tuakawas Juga Mengingatkan Mengenai Masih Ada Adanya Keluhan Dari Pengadilan-pengadilan Di Daerah Yang Didatangi Oleh Orang Pusat Yang Meminta Dilayani. Tuakawas Meminta Kepada Peserta Yang Hadir Agar Tidak Meminta Dilayani Sehingga Merepotkan Satker-satker Di Daerah. Inilah Mindset Yang Perlu Kita Ubah, Kalau Kita Orang Pusat Ke Daerah Jangan Membuat Repot Tuan Rumah, Apalagi Datang Marah-marah, Dijemput Aja Kita Sudah Bagus, Jangan Ada Lagi Meminta Dibelikan Oleh-oleh, Kasihan Mereka Ujar Mantan Kepala Badan Pengawasan

      mantan Kabawas Mari Ini Juga Menekankan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Dalam Bekerja, Hal Tersebut Ia Sampaikan Berkaitan Dengan Masih Ada Laporan Mengenai Pegawai Mahkamah Agung Yang Tidak Disiplin Dalam Masuk Dan Pulang Kantor Sesuai Jam Yang Telah Ditentukan.

      diakhir Sambutannya , Tuakawas Meminta Agar Seluruh Jajaran Di Bawah Mahkamah Agung Untuk Meningkatkan Kompetensi Agar Mampu Bersaing Yang Meliputi Pengetahuan (knowledge), Keterampilan (skill) Dan Integritas (integrity/morality). Knowledge Adalah Bagaimana Kita Paham Tentang Tugas Dan Fungsi Kita, Skill Adalah Bagaimana Kemampuan Kita Melaksanakan Tugas Dan Fungsi Kita Dan Terakhir Adalah Integritas Sebagai Bagian Dari Moral Yang Wajib Ada, Semuanya Harus Seiring Sejalan, Papar Sunarto Lebih Lanjut. ( Rahman / Foto Pepy )