Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri / PHI / TIPIKOR Bengkulu Kelas IA

Jl. Sungai Rupat - Pagar Dewa, Kota Bengkulu

e-Court

E-Skum

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Evaluasi SIPP

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Bengkulu

website sistem informasi pengawasan

Berita Badan Peradilan Umum

Berita Badan Peradilan Umum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Halal Bihalal Pejabat/pegawai Mari Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri 1440 H

      jakarta, 11 Juni 2019 Pukul 09.00 Wib, Dilaksanakan Halal Bihalal Pejabat/pegawai Mari Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri

      acara Ini Dihadiri Oleh Sekretaris Mahkamah Agung Ri Dan Para Pejabat Serta Pegawai Mari Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri.

    • Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti Pada Tanggal 10 S.d. 12 April 2019. Acara Dilaksanakan Di Hotel Golden Tulip Kota Banjarmasin Dan Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. Yang Diikuti Oleh 50 (lima Puluh) Orang Peserta Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Banjarmasin Dengan Narasumber Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. (direktur Binganis), H. Heru Pramono, S.h., M.hum (wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin), H. Adi Wahyono, S.h., M.hum. (panitera Pt Kupang) Dan Tavip Dwi Jatmiko, S.h., M.h. (panitera Pn Jakbar) Dengan Tujuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknis Para Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Melaksanakan Tugas Sehari-hari. (tpu)

    • Shortcourse Pedoman Penyelesaian Perkara Hak Kekayaan Intelektual (hki)

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i. Bekerjasama Dengan Japan International Cooporation Agency (jica) Pada Tanggal 28 S.d. 30 April 2019 Menyelenggarakan Kegiatan Shortcourse Pedoman Penyelesaian Perkara Hak Kekayaan Intelektual (hki), Bertempat Di Natsepa Resort & Conference Center Ambon Yang Diikuti Oleh 30 (tiga Puluh) Orang Peserta. Kegiatan Pembinaan Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Bapak Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. Dilanjutkan Dengan Pembinaan. Peserta Kegiatan Mendapatkan Materi Mengenai Pengantar Hki Secara Umum, Pengantar Hki Di Indonesia, Rahasia Dagang Dan Sesi Tanya Jawab Dari Para Pemateri Yang Berkompeten Di Bidangnya Yaitu Yugo Ishigami, Dr. Rahmi Mulyati, S.h., M.h., Didik Trisulistya, S.h., M.h. (mrf)

    • Pengadilan Negeri Cikarang Dari Sebuah Garasi Mencoba Mengukir Prestasi

    • Kunjungan Studi Banding Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Ke Spanyol

      pada Tanggal 5-12 April 2019, Jajaran Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Telah Mengadakan Kunjungan Dalam Rangka Studi Banding Ke Spanyol. Rombongan Dipimpin Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Herri Swantoro, Dan Diikuti Para Pejabat Eselon Ii, Dan Beberapa Ketua Pengadilan Negeri. Studi Banding Bertujuan Untuk Mepelajari Pengelolaan Peradilan Di Spanyol Dalam Rangka dalam Modernisasi Tata Kelola Peradilan.

    • Kegiatan Pembinaan Ketua Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanggal 18-20 Maret 2019

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Telah Menyelenggarakan Pembinaan Ketua Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pada Tanggal 18 S.d. 20 Maret 2019, Bertempat Di Hotel Jw Marriott Surabaya Yang Diikuti Oleh 45 (empat Puluh Lima) Orang Peserta Yang Terdiri Dari Ketua / Wakil Ketua Pengadilan Negeri. Kegiatan Pembinaan Tersebut Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.h., M.h. Dilanjutkan Dengan Pembinaan Mengenai Konsep Kepemimpinan, Manajemen Risiko Dan Zona Integritas.

      menurut Dirjen Badilum Pemimpin Pengadilan Harus Menjadi Contoh Role Model Dengan Dasar Disiplin Diri, Mempunyai Kemampuan Untuk Memotivasi Dirinya Dan Memotivasi Orang Lain, Selain Daripada Itu Pemimpin Pengadilan Harus Juga Memiliki Kemampuan Teknis Administrasi, Kemampuan Berbicara Di Muka Umum Agar Dapat Bertugas Dengan Baik, Kemampuan Memecahkan Masalah Sehingga Bisa Mengembangkan Organisasi Ke Arah Yang Lebih Baik.

      peserta Kegiatan Juga Mendapatkan Materi Mengenai Integritas Dan Pengawasan, Pelaksanaan Dipa 01 Dan Dipa 03, Manajemen Kepemimpinan Dan Manajemen Peradilan Umum Dari Para Narasumber Yang Berkompeten Dibidangnya.

    • Laporan Tahunan Mahkamah Agung Ri Tahun 2018

      rabu, 27 Februari 2019, Bertempat Di Jakarta Convention Center, Jakarta, Mahkamah Agung Ri Melaksanakan Rapat Pleno Dengan Agenda Tunggal Penyampaian Laporan Tahunan Mahkamah Agung Ri Tahun 2018 Yang Dibacakan Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. M. Hatta Ali, Sh., Mh. 

      tema Laporan Tahunan Mahkamah Agung Ri Tahun 2018 Adalah Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi. Pada Kesempatan Ini Disampaikan Capaian-capaian Mahkamah Agung Ri Tahun 2018 Berdasarkan Kinerja Utama Yang Diukur Melalui Target Dan Realisasi Indikator Kinerja Utama. Salah Satu Program Unggulan Yang Diluncurkan Pada Tahun 2018 Adalah Aplikasi e-court Dibidang Perkara Perdata Yang Merupakan Inisiatif Mahkamah Agung Dalam Mendukung Program Kemudahan Berusaha. Saat Ini e-court Sudah Diimplementasikan Di Seluruh Pengadilan Pada Empat Lingkungan Peradilan.

      hadir Pada Acara Tersebut Presiden Ri, Joko Widodo Beserta Wakil Presiden Ri Jusuf Kalla, Panglima Tni, marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua Dewan Perwakilan Daerah, oesman Sapta Odang, Menteri menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Dan Kemananan, Wiranto, Menteri Hukum Dan Ham, Yasonna H Laoly Dan Para Undangan Dari Luar Negeri.

      presiden Ri Pada Pidatonya Mengapresiasi Capaian-capaian Yang Telah Dilaksanakan Oleh Mahkamah Agung Ri Selama Tahun2018.

    • Pameran Kampung Hukum 2019

      rabu, 27 Februari 2019, Dalam Rangka Memeriahkan Kegiatan Laporan Tahunan Mahkamah Agung Ri 2018, Bertempat Di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Mahkamah Agung Ri Menyelenggarakan Pameran Kampung Hukum 2019, Yang Dikuti Oleh Seluruh Unit Eselon I Dilingkungan Mari Dan Para Partisipan Dari Lembaga Negara, Serta Beberapa Bank Nasional Yang Mendukung Pelaksanaan e-court.

    • Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon Iv Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum 19 Februari 2019

      jakarta, Selasa Tanggal 19 Februari 2019, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Melaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon Iv.

      pejabat Yang Dilantik Adalah :

      Yiyik Saptanti, S.h., M.h. Sebagai Kepala Seksi Administrasi Berkas Perkara Kasasi Dan Tahanan Pada Sub Dit. Kasasi Pidana Khusus Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana Sugriwo Sahari, S.h. Sebagai Kepala Seksi Bimbingan I Pada Sub Dit. Bimbingan Dan Monitoring Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Kamaluddin, S.h. Sebagai Kepala Seksi Administrasi Berkas Perkara Kasasi Dan Peninjauan Kembali Pada Sub Dit. Kasasi Dan Peninjauan Kembali Perdata Khusus Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Perdata Yuswandi, S.h. Sebagai Kepala Seksi Penelaahan Berkas Perkara Tahanan Pada Sub Dit. Kasasi Pidana Khusus Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana Sutiama, S.h. Sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Amir Basuki, S.h. Sebagai Kepala Seksi Peninjauan Kembali Pada Sub Dit. Peninjauan Kembali Dan Grasi Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana Achmad Basyari, S.e. Sebagai Kepala Seksi Pelayanan Peradilan Pada Sub Dit. Tata Kelola Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Deasi Ariyani, S.e., M.h. Sebagai Kepala Seksi Penelaahan Berkas Perkara Kasasi Pada Sub Dit. Kasasi Pidana Umum Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana Misra Dewita, S.h., M.h. Sebagai Kepala Seksi Monitoring Dan Evaluasi Pada Sub Dit. Bimbingan Dan Monitoring Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Supeno, S.h. Sebagai Kepala Seksi Penelaahan Berkas Perkara Tahanan Pada Sub Dit. Kasasi Pidana Umum Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana Sutarno, S.h., M.h. Sebagai Kepala Seksi Grasi Pada Sub Dit. Peninjauan Kembali Dan Grasi Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana Leni Cahyani, S.h.,m.h. Sebagai Kepala Seksi Sarana Kerja Pengadilan Pada Sub Dit. Tata Kelola Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Aman Mulyana, S.h. Sebagai Kepala Seksi Administrasi Berkas Perkara Kasasi Dan Tahanan Pada Sub Dit. Kasasi Pidana Umum Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana Rosalia Puspa Kesumawati, S.e., M.h. Sebagai Kepala Seksi Tata Persidangan Pada Sub Dit. Tata Kelola Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Septin Sri Noni, S.e. Sebagai Kepala Seksi Tata Naskah Pada Sub Dit. Mutasi Hakim Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Ida Bagus Swardana, S.kom. Sebagai Kepala Seksi Statistik Pada Sub Dit. Statistik Dan Dokumentasi Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Nurlailah, S.ap., M.h. Sebagai Kepala Seksi Administrasi Berkas Perkara Peninjauan Kembali Dan Grasi Pada Sub Dit. Peninjauan Kembali Dan Grasi Direktorat Pranata Dan Tatalaksana Perkara Pidana
    • Pembinaan Pegawai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dan Penandatanganan Pakta Integritas Serta Perjanjian Kinerja

      jumat, 8 - 9 Februari 2019, Bertempat Di Hotel Aston Cirebon, Jawa Barat, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Melaksanakan Pembinaan Pegawai. Hadir Dalam Kesempatan Itu Para Pejabat Eselon Ii, Iii, Iv Serta Para Staf. Pada Sesi Pertama Dilakukan Penandatanganan Pakta Integritas Oleh Pegawai Dilingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. 

                             

                

      setelah Penandatanganan Pakta Integritas, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr.  Herri Swantoro, S.h., M.h. Memberikan Pengarahan Kepada Seluruh Pegawai Mengenai Peradilan Yang Kredibel Dan Efektif. Beliau Menekankan Pentingnya Restra Pengadilan. 

      rentsra 2015-2019, Sebagai Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Setiap Tahun Memuat Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran Strategis Yang Akan Dicapai Dalam Pelaksanaan Kegiatan Selama 5 Tahun Ke Depan. kelemahan Yang Timbul:

      a.renstra Belum Ditetapkan Secara Formal Dalam Bentuk Surat Keputusan

      b.target Indikator Kinerja (tik) Dalam Penjabaran Renstra Tidak Disusun Pada Awal Tahun

      c.penetapan Presentase Target Iku Belum Menggunakan Dasar Pertimbangan Yang Jelas

      d.ada Perbedaan Misi Pada Renstra Dengan Misi Pada Cetak Biru Pembaruan Peradilan.

    • Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Pejabat Eselon Iii Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      sekretaris Mahkamah Agung, A.s Pudjoharsoyo Sh., M.hum., Melantik Dan Mengambil Sumpah 2 (dua) Pejabat Eselon Ii, Dan 30 (tiga Puluh) Pejabat Eselon Iii, Pada Kamis 14 Febuari 2019 Di Lantai 2 Gedung Tower Mahkamah Agung.

      dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Pejabat Eselon Iii Yang Dilantik Yaitu :

      H. Hanapi, Sh., Mh Sebagai Kepala Sub Direktorat Kasasi Pidana Khusus Pada Direktorat Pranata Dan Tata Laksana Perkara Pidana Badilum Lies Khadijah, Sh.,mh Sebagai Kepala Sub Direktorat Bimbingan Dan Monitoring Pada Direktorat Pembinaan Administrasi Badilum Yayat Sudrajat, Sh.,mh Sebagai Kepala Sub Direktorat Statisik Dan Dokumentasi Pada Direktorat Pembinaan Administrasi Badilum Setiawati, Sh., Mh Sebagai Kepala Sub Direktorat Kasasi Pidana Umum Pada Direktorat Pranata Dan Tata Laksana Perkara Pidana Badilum Chandra, Sh Sebagai Kepala Sub Direktorat Tata Kelola Pada Direktorat Pembinaan Administrasi Badilum Romy Permana, Sh., Mh Sebagai Kepala Sub Direktorat Mutasi Hakim Pada Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Badilum

      segenap Pegawai Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya Para Pejabat Baru Dan Semoga Para Pejabat Dapat Menjalankan Amanah Yang Diberikan Dengan Baik

    • Diskusi Penyusunan Pedoman Eksekusi Di Pengadilan Negeri Pada Hari Senin, 28 Januari 2019

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Diskusi Penyusunan Pedoman Eksekusi Di Pengadilan Negeri Pada Hari Senin, 28 Januari 2019. Diskusi Bertempat Di Gedung Sekretariat mahkamah Agung Ri, Jl. Ahmad Yani, Kav 58, Jakarta Pusat.

      diskusi Ini Dihadiri Oleh Pemateri Dari Kalangan Pimpinan Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi, Yang Menguasai Tentang Teknis Pelaksaaan Eksekusi Putusan. Diskusi Dipimpin Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Drs. Wahyudin, M.si, Dan direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Dr. Haswandi, Sh., Se., M.hum.

    • Rapat Koordinasi Dan Pembinaan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dengan Ketua Pengadilan Negeri Se-indonesia Pada Jumat 25 Januari 2019

       direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Telah Mengadakan Rapat Koordinasi Dan Pembinaan Dengan Ketua Pengadilan Negeri Se-indonesia Pada Jumat 25 Januari 2019. Rapat Dan Pembinaan Ini Dipimpin Langsung Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. Herri Swantoro, S.h., M.h, Dan Dihadiri Oleh Para Pejabat Eselon Ii Di Lingkungan Ditjen Badilum, Dan Para ketua Pengadilan Negeri Se-indonesia. 

      rapat Ini Membahas Evaluasi Kegiatan Di Lingkungan Peradilan Umum Selama Tahun 2018, Dan Rencana Kegiatan Serta Perbaikan Yang Akan Dilaksanakan Pada Tahun 2019.

    • Pelaksanaan Konsolidasi Dan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Dipa 005.03, 005.04, 005.05 Tahun Anggaran 2018

                      Mahkamah Agung Sebagai Lembaga Tinggi Negara Berkewajiban Untuk Menyampaikan Laporan Keuangan Sesuai Amanat Dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Keuangan Negera.

                      Secara Nyata Bahwa Mahkamah Agung Menerima Penghargaan Dan Prestasi Yang Luar Biasa Atas Keberhasilan Dalam Pengelolaan Keuangan Dan Pelaporan Keuangan Yang Transparan Dan Akuntabel Mulai Dari Satuan Kerja Tingkat Pusat Maupun Satuan Kerja Tingkat Daerah Perlu Mendapatkan Apresiasi Yang Luar Biasa Atas Pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (wtp) Secara Berturut-turut Selama 6 Kali.

                      Bertempat Di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya Jawa Timur, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (005.03) Bersama-sama Dengan Unit Eselon I Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (005.04) Dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer Dan Tun (005.05) Menyelenggarakan Kegiatan Selama 3 Hari Mulai Tanggal 23 Januari S/d 25 Januari 2019. Kegiatan Tersebut Dibuka Secara Resmi Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Drs. Wahyudin, M.si. Dengan Dihadiri Oleh Operator Saiba Dan Simak Bmn Seluruh Korwil Yang Ada Di Indonesia.

                      Pada Kesempatan Tersebut Bapak Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Menekankan Agar Pelaporan Keuangan Ini Dapat Berjalan Dengan Baik Dan Menghasilkan Pelaporan Yang Menunjukan Komitmen Dan Budaya Akuntabilitas Sehingga Dapat Mempertahankan Kembali Wajar Tanpa Pengecualian (wtp) Untuk Yang Ke 7 Kalinya. (kas)

    • Rapat Koordinasi Pengurus Majalah Dandapala Tahun 2018

      jumat, 28 Desember 2018 Bertempat Di Ruang Rapat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Lt. 3, Pukul 08.30 Wib, Diselenggarakan Rapat Akhir Tahun/evaluasi Majalah Dandapala. Hadir Dalalam Kesempatan Itu Segenap Redaktur Dan Anggota Sekretariat Majalah Dandapala.